News Ticker

Menu

Benteng Portugis

Benteng Portugis adalah sebuah benteng jaman kolonial yang terdapat di desa banyumanis, Kecamatan keling kabupaten jepara 45 Km dari kota jepara.
Walaupun di kenal dengan benteng portugis namun yang mendirikan benteng tersebut adalah Pemerintah Mataram pada tahun 1613-1645 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa.

Benteng berbahan baku batu cadang dan mempunyai panjang 37,10 meter dan lebar 28,60 meter.

Secara geografis, benteng ini nampak sangat setrategis untuk kepentingan militer yang pada zaman dahulu karena kemampuan jarak tembak meriam hanya 2 s/d 3 Km saja.
Pada abad ke-16, Benteng jaruh kedalam kekuasaan Portugis sehingga Benteng tersebut di kenal sebagai Benteng Portugis. Setelah benteng jatuh di kekuasaan Portugis, sekitar benteng di tempatkan beberapa meriam yang langsung di datangkan dari Turki untuk pertahanan dan keamanan sehingga benteng tersebut di jadikan sebagai markas bangsa Portugis ketika mengekspansi wilayah Jepara dan sekitarnya.
Bentuk benteng portugis ini hanya seperti bangunan bertingkat yang memiliki kontur di tebing laut dan di atas bukitnya di bangun tembak berkeling.
Pada tahun 2000,dibangun bangunan baru sehingga sampai sekarang bangunan asli peninggalan kolonial tersisi sekitar 3 meter di sebelah kanan dan kiri dari pintu utama
Dan peninggalan yang masih tersisa hingga sekarang dan masih asli adalah 3 buah meriam peninggalan kolonial yang sudah di patenlankan dengan cor beton sehingga lubang meriamnya sudah tidak bisa di gunakan lagi.
Lokasi benteng portugis tersebut berdekatan dengan pulau mandalika sehingga saat libur tiba, benteng portugis ini ramai di kunjungi wisatawan jepara dan sekitarnya.
Pulau mandalika di lihat dari Benteng
Di sana mereka dapat melihat bekas benteng yang menjadi saksi perjuangan bangsa ini dalam mempertahankan kebebasan bangsa jawa pada masa itu dan juga merekapun dapat dengan mudahmemantau keadaan laut karena benteng ini tempatnya agak tinggi di bandingkan dengan laut yang ada di bawahnya. Di samping itu juga mereka dapat kepantai yang ada di bawah bangunan benteng untuk bersantai.

Share This:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Benteng Portugis "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM